Thursday 8 September 2011

SIAPAKAH AHL SURGA DALAM PANDANGAN ALLOH DAN ROSULNYA?

Telah maklum bahwa Alloh telah mengutus banyak sekali Nabi umtuk menyampaikan ajaran tauhid.
Nabi Nuh as berkata, Q.S. Hud; 26, artinya:
" Hendaknya kaloan tidak menyembah selain Alloh...".
Nabi Hud as berkata, Q.S. Hud; 50, artinya:
" Hai kaumku sembahlah Alloh. Tidak ada bagi kalian Tuhan selain Alloh".

Masih banyak ayat yg senada dg 2 ayat di atas. Cukuplah 2 ayat tersebut sebagai bukti. Rosululloh SAW sebagai penutup para Nabi juga menyampaikan risalah tauhidiyah.
Sebagai nabi yg di utus kepada seluruh manusia, bliau mengajak merka kepada ajaran Tauhid. Beliau mengajak ahl kitab ( yahudi dan nasrani), Q.S. Ali imron; 64, artinya:
" Katakanlah ( wahai Muhammad) Hai ahl kitab ! kemarilah kpada satu kalimat yg sama di antara kami dan kalian bahwa tidak ada yg patut di sembah kecuali Alloh...".

Ibn Abbas Ra bercerita:
" Suatu hari Uqbah bin Abi mu'ith mengundang para pembesar Quroisy untuk makan bersama. Di antaranya adalah bainda Nabi SAw. Saat itu beliau SAW bekata kpd Uqbah:
" Aku tidak akan memakan hidangan mu sehingga kau Bersyahadat bahwa riada Tuhan Selain Alloh dan Aku adalah utusan Alloh". Kemudian Uqbah ,elakukan permintaan Rosul SAW.
Melihat kejadian itu, Ubay bin Khilaf mendatangi Uqbah dan berkata:" apakah kamu telah berpindah agama?".
Uqbah menjawab:" Tidak! Akan tetapi ada seseorang masuk kerumahku dan aku malu jika ia keluar rumahku sebelum memakan hidangan ku".
Ubay bin Kholaf berkata:" aku tidak rela sehingga kau meludahi wajahnya". Maka Uqbah pun melakukannya. Karena kejadian ini turunlah
al furqon: 27-29, artinya:"Dan (ingatlah) pada hari (ketika) orang2 zolim menggigit kedua jarinya (menyesali perbuatannya) seraya berkata: wahai sekiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama Rosul (28). wahai celakanya aku ! sekiranya (dulu) aku tidak menjadikan si fulan sebagai teman akrabku (29). sungguh dia telah menyesatkan ku dari peringatan (quran) ketika (quran) itu datang pada ku dan setan memang penghianat manusia".

Rosululloh SAW mengajak Aly kw masuk islam. Beliau bersabda:
" Bersaksilah bahwa riada Ruhan selain Alloh dan bahwa Aku ad/ Utusan Alloh".
(al bidayah juz 3 hlm 24).
Hal serupa juga di sodorkan kepada Abu bakae Ra Dan Abu bakar Ra melakkannya. (al bidayah juz 3 hlm 29).
Umar Ra berkata:" dulu aku merupakan salah satu orang yg sangat memushi Nabi SAW> Hingga suatu hari aku mendatangi beliau. Kenudian aku duduk di hadapan beliau. Lalu beliau bersabda:
" wahai ibnal khottob masuklah islam!.... Ya Alloh berilah ia petunjuk". Saat itu aku langsung mengucapka dua kalimat syahadat. ( al hilyah juz 1 hlm 46).

Aly kw meriwayatkan sebuah hadis qudsi dari Rosululloh SAW bahwa Alloh SWT berfirman:
" Sesungguhnya aku adalah Alloh Tiada Tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku".

Usman Ra berkata:" saya mendengar Rosululloh SAW bersabda:" Sesungguhnya aku mengetahui sebuah kalimat, barang siapa mengucapkannya dg ihlas ia tidak akan masuk neraka jahannam. Umar Ra berkata:" bahwa kalimat itulah yg memuliakan Rosululloh SAW dan memberikan kehormatan kepada para sahabat Baliau. Kalimat itu adalah kalimat takwa yaitu kalimat yg telah di sampaikan kepada Abu Tolib-paman beliau- ketika ia akan meninggal dunia. Kalimat itu adalah LAA ILAHA ILLALLOH".

Dari Abu bakar Ra, dari Rosululloh SAW beliau Saw bersabda:
" Hendaknya kalian memperbanyak membaca Laa ilaha illalloh dan istighfar karena sesungguhnya iblis berkata:" aku membinasakan manusia melalui perbuatan dosa dan mereka membinasakan ku menggunakan LAA ILAHA ILLALLOH dan ISTIGHFAR. Ketika meliaht hal ini aku membinasakan mereka menggunakan hawa nafsu sedangkan mereka merasa bahwa mereka masih berada di dalam hidayah".

Pehatikan kalimat:
"...membinasakan mereka menggunakan hawa nafsu..."
Maksudnya ad/ sesuatu yg batil di amggap sebagai sesuatu yg hak. Sehingga apa saja yg timbul di hatinya akan ia lakukan dan di anggap bahwa hal itu adalah amalan agama.
Hanya orang yg mendapat petunjuklah yg mau mengucapka 2 kalimat syhadat. Mereka adalah ahli surga
Dari sa,id bin zaid, dia berkata: aku mendengar Rosululloh SAW bersabda:
" Abu bakar masuk surga, Umar  masuk surga, Usman mausk surga, Aly masuk surga". ( Tarikh khulafa' hlm 46).
Dalam surat an najm< Alloh berfiman yg artinya:
" Dia (Muhammad) tidak berkata dari hawa nafsu...".
Ternyata beliau Saw menyatakan bahwa 4 kholifah islam pertama , semuanya masuk surga. Seseorang yg ucapannya tidak dari hawa nafsu, pasti benar. Selain itu adalah dari hawa nafsu dan pasti salah.

Al qosos: 50, artinya:
" Dan siapakah yg lebih sesat dari pada orang yg mengikuti hawa nafsu mereka tanpa petunjuk dari Alloh ? "

No comments:

Post a Comment